Rabu, 23 Desember 2009

Indomaret terpilih menjadi waralaba worlcup 2010

terpilih sebagai toko resmi piala dunia 2010 atau 2010 world cup. Selain mencari hasil drawing piala dunia dan jadwal piala dunia 2010, tidak lama lagi anda bisa berburu pernak-pernik berlogo piala dunia 2010 di jaringan toko Indomaret.

Produk-produk itu antara lain kaos, topi, lencana, pena, cangkir mug, maskot resmi, korek api, gantungan kunci, casing HP, boneka, kartu, dan lain-lain yang semuanya bertemakan piala dunia 2010.

Indomaret Jadi Toko Resmi Piala Dunia

Jakarta – Global Brands Group (GBG) pemegang lisensi eksklusif FIFA menunjuk Indomaret sebagai toko resmi penjualan barang pernak-pernik piala dunia 2010 di Indonesia. Indomaret menargetkan penjualan Rp 100 miliar selama persiapan dan pada saat piala dunia Januari-Juni 2010.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pemasaran PT Indomarco Prismatama Laurensius Tirta Widjaja dalam acara konferensi pers di Jakarta, Selasa (8/12/2009).

“Dengan memiliki 4000 toko di Indonesia, target kami selain pembeli dari total konsumen Indomaret 5-6 juta orang, tapi konsumen lainnya bisa membeli ke Indomaret, mungkin bisa double,” kata Laurensius.

Ia menjelaskan setidaknya ada 300 item pernak pernik piala dunia 2010 yang akan dijual di seluruh gerai Indomaret dengan kisaran harga Rp 10.000 hingga Rp 150.000. Meskipun nantinya setiap gerai di masing-masing wilayah akan menyesuaikan kemampuan pasarnya masing-masing.

Beberapa produk yang akan dijual antara lain kaos, topi, lencana, pena, cangkir mug, maskot resmi, korek api, gantungan kunci, casing HP, boneka, kartu, dan lain-lain yang semuanya bertemakan piala dunia 2010.

Laurensius menambahkan pihaknya telah menggandeng 7 perusahan produksi pernak-pernik piala dunia sebagai pemasok Indomaret dengan memakai sistem beli putus.

Dari ratusan item pernik-pernik piala dunia umumnya sebanyak 70% adalah produk impor, sedangkan sisanya 30% produk lokal yang telah mendapat lisensi. Beberapa produk lokal antara lain tempat air minum, kaos, korek api. Sedangkan produk impornya topi, bola, kartu , boneka, dan lain-lain.

“Sebagian ada yang impor 70% dari Belgia dan China, ada juga yang lokal melalui lisensi,” jelasnya.

Sementara itu Direktur GBG untuk Indonesia Rini Kurniawan mengatakan pemilihan perwakilan toko ritel resmi piala dunia di Indonesia telah dilakukan secara terbuka dengan berbagai macam pertimbangan.

Terpilihnya Indomaret, lanjut dia, tidak terlepas dari jaringan 4.000 gerainya yang tersebar di Jabodetabek, Bali, dan Sumatera. Juga pertimbangan pengalaman yang cukup lama di bidang minimarket di Indonesia.

“Awalnya semua keikutsertaan secara open, pertimbangan pengalaman, dan jangkauan outlet yang sampai 4000, ini menarik,” kata Rini.

Sebelumnya toko resmi penjualan pernak-pernik piala dunia di tingkat internasional sudah cukup berhasil khususnya di negara-negara tuan rumah piala dunia.

Misalnya toko pertama di Champs-Elysees di Paris pada tahun 1998. Kemudian pada piala dunia 2002 dibuka juga 18 gerai di Korea dan Jepang, yang disusul 300 toko resmi di Jerman pada acara piala dunia 2006. (hen/dnl)

sumber: detik.com

BAGAIMANA MENDAPATKAN PROFIT JUTAAN RUPIAH DENGAN HANDPHONE ANDA

Kini Handphone bukan lagi barang mewah yang hanya dimiliki oleh para profesional, tapi dari kalangan pelajar hingga dewasa dengan berbagai profesi termasuk ibu rumah tangga sekalipun sudah memilikinya.

Coba hitung berapa banyak orang disekitar anda yang memiliki HP?
Berapa kali mereka menelpon menggunakan HP?
Berapa kali mereka berkirim SMS dalam sehari?
Berapa kali mereka membeli pulsa setiap bulan?
Kemana mereka membeli pulsa yang tentunya membutuhkan transport dan waktu? Berapa kali mereka mengalami kesulitan membeli pulsa ketika kehabisan pulsa, dan lain-lain....

Para pengguna Handphone tak pernah kehabisan HPnya karena dipakai terus menerus, tapi kebutuhan pulsanya akan terus meningkat.
INILAH peluang besar anda untuk menjadi Dealer / Agen / Retailer pulsa elektronik, tanpa harus memiliki/menyewa kios, toko, CV, PT, dan lain-lain. Cukup dengan handphone yang anda miliki saat ini, anda sudah dapat melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun. Tidak terbatas waktu dan lokasi diseluruh pelosok Indonesia bahkan didunia. Asalkan handphone yang telah anda daftarkan memiliki sinyal untuk SMS, maka transaksi dapat dilakukan 24 jam nonstop.

Investasi peluang bisnis ini sangat kecil, tidak perlu jutaan bahkan milyaran rupiah dan sangat prospektif dibanding Voucher biasa.
BEP (Break Even Point) sangat singkat !!
Tidak ada kata expired date seperti voucher Fisik (tergantung isi saldo), bisa dipakai di Seluruh Indonesia selama 24 jam nonstop .
Telah terbukti..!! Sangat Menguntungkan dan Passive Income.. !!
Jadi Tunggu Apalagi.....?

PROFIT MEMBER PREMIUM :

* Mendapat komisi sponsor Rp.50.000,- dari setiap member yang bergabung melalui website promosi anda.
* Dapat membuka usaha pengisian pulsa elektrik.
* Mendapatkan penghasilan dari penjulan langsung.
* Untuk pemakaian sendiri lebih murah.
* Dapat menjalankan transaksi dimanapun anda berada.
* Sistem pengisian dengan sms sehingga tidak perlu perangkat khusus /tambahan yang harganya cukup mahal.
* Semua Informasi (perubahan harga, gangguan dll) di beritakan melalui SMS ke No. Hp ter-Register dari SMS Center Server.
* Agen/Retailer akan mendapatkan report untuk setiap transaksi yang dilakukan.
* Disediakan beberapa nomor SMS Center (Server) untuk mengantisipasi Traffic, agar pengisian pulsa dapat dilakukan secara Real Time & aman.
* Koneksi langsung ke server, sehingga proses pengisian sangat cepat (Real Time) 7x24 jam.
* Mendapat website replika sesuai username ketika anda registrasi, http://www.profitpulsa.com/?id=usernameanda

SYSTEM RANDOMIZER
Tanpa mensponsori memberpun anda tetap akan mendapatkan peluang untuk mendapatkan member dari sistem pengacakan ini. Bila pengunjung datang tanpa sponsor, maka secara otomatis sistem akan mengambil seorang member aktif untuk dijadikan sponsornya. Sehingga anda tetap akan bisa mendapatkan member baru dan berpeluang mendapatkan komisi sponsor sebesar Rp. 50.000,-.

TANPA IURAN TAHUNAN
Peluang bisnis ini dapat dijalankan oleh siapa saja, dimana saja, tidak terbatas oleh waktu dan tempat. Pendaftaran hanya sekali seumur hidup, dan bisa diwariskan bila anda sudah tidak sempat lagi menjalankannya.

PASSIVE INCOME
Saat jaringan anda berkembang anda kan mendapatkan passive income, artinya tanpa anda bekerja anda akan mendapatkan potensial penghasilan lebih dari 443 Juta Rupiah.

* Dari setiap member yang anda sponsori langsung (level 1), maka anda akan memperoleh komisi Rp.50.000,- yang ditransfer ke rekening anda.
* Setiap downline anda dilevel 2 mensponsori member baru, maka anda akan memperoleh komisi Rp. 10.000,-.
* Dan setiap downline anda dilevel 3 s/d 10 mensponsori member baru, maka anda akan memperoleh komisi Rp.5.000,-.
* Biaya pendaftaran digunakan untuk aktivasi wesbite anda, setup hp dan pemeliharaan website hanya 34%, sedangkan sebesar 66 % dikembalikan ke member sebagai komisi sponsor.

Jika dalam satu minggu anda mensponsori 3 orang saja, maka modal anda sudah kembali. Dan jika setiap member berikutnya mensponsori 3 orang lainnya dalam satu minggu pula, maka dalam waktu kurang dari satu tahun profit anda pada level 10 mencapai lebih dari Rp. 443.000.000,-.
Hmmm Luar biasa...!

Merintis Bisnis Event Organizer

Berkecimpung di dunia Event Organizer (selanjutnya kita sebut EO) memang merupakan kenikmatan tersendiri. Meskipun seringkali kita merasa sangat kelelahan, namun di balik itu tersimpan rasa bangga dan gembira. Rasa bangga ketika event yang kita selenggarakan sukses dan sesuai harapan serta gembira karena dapat bekerja sama dengan tim yang menyenangkan.

Tapi ada beberapa hal utama yang perlu kita perhitungkan sebelum kita memutuskan terjun di dunia bisnis EO, antara lain :
1. Bekal pengalaman menyelenggarakan event.
2. Ide kreatif dan inovatif.
3. Relasi bisnis (klien/sponsor) yang cukup kuat.
4. Modal usaha yang cukup.
5. Tim yang solid dan loyal.
Walaupun terlihat sangat sederhana namun sebenarnya lima poin diatas merupakan hal-hal yang cukup berat. Kebanyakan orang mengatakan bahwa bisnis di dunia EO itu mudah, tapi bagi saya tidak. Banyak sekali rintangan yang harus kita hadapi dan tentunya ini tidak ringan. Tapi sebenarnya kuncinya terletak di ketekunan dan kerja keras, itulah modal paling utama yang harus kita miliki.

Saya akan menguraikan lima poin di atas agar kita bisa benar-benar memahami poin-poin penting dalam merintis bisnis EO sehingga dapat terhindar dari halangan atau jebakan yang sangat mungkin terjadi.

1. Bekal pengalaman menyelenggarakan event.
Disadari atau tidak, sebenarnya bekal yang kita miliki sebagai pengelola event sudah kita mulai sejak kita sekolah. Kepanitiaan yang kita ikuti pada waktu itu bisa dijadikan bekal pengalaman yang cukup. Paling tidak, kita sudah mengetahui prosedur mengelola suatu kegiatan dari penyusunan proposal sampai eksekusi di lapangan.

2. Ide kreatif dan inovatif.
Ingat, bisnis EO adalah bisnis komunikasi dan bisnis hiburan, kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ketika tidak ada ide cemerlang dan kreatifitas, siap-siap gigit jari. Namun, kreatifitas memang tidak harus selalu orisinil, mengembangkan sebuah ide yang sudah adapun bukan menjadi masalah. Justru itulah yang disebut inovasi.

3. Relasi bisnis (klien/sponsor) yang cukup kuat.
Dukungan relasi bisnis, baik itu klien ataupun sponsor, merupakan kunci dari sukses tidaknya acara yang kita selenggarakan. Sebelum memutuskan terjun ke dunia bisnis EO, kita harus melihat kembali apakah kita memiliki jaringan bisnis yang kuat atau tidak? Karena merekalah yang nantinya akan membeli atau membiayai ide-ide kreatif kita. Apabila kita tidak memiliki jaringan bisnis, sebenarnya bukan menjadi masalah besar. Tentunya dengan membangun kepercayaan terhadap EO kita, jaringan bisnis itu akan terbentuk dengan sendirinya. Tapi perlu diingat bahwa EO kita tidak akan berkembang secepat apabila kita telah memiliki jaringan bisnis sebelumnya.

4. Modal usaha yang cukup.
Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, bahwa dalam memulai sebuah usaha, mutlak dibutuhkan modal. Untuk bisnis EO, kita perlu menyiapkan modal finansial terutama untuk memenuhi keperluan-keperluan EO seperti, Mengurus legalitas usaha (CV atau PT), menyewa kantor, pengadaan alat kantor, biaya telekomunikasi, biaya persiapan event, dan lain-lain. Untuk memenuhi beberapa hal tersebut tentunya tidak cukup dengan selembar dua lembar uang rupiah. Cukup besar memang, kalau kita tidak mempunyai cukup banyak modal finansial, kita bisa mencari investor.

5. Tim yang solid dan loyal.
EO adalah tim, dan menemukan tim yang solid itu tidak mudah. Mengambil tim baru untuk EO yang baru dibentuk sama sekali tidak saya sarankan. Sebaiknya dalam mendirikan sebuah EO, kita mengajak beberapa rekan kita yang sudah lama bekerja sama dengan kita dan terbukti soliditas dan loyalitasnya. Banyak sekali hal-hal yang menjadi rawan konflik selama persiapan event. Jauh lebih mudah untuk bisa saling memahami masalah di antara tim apabila bekerja bersama rekan sendiri dari pada dengan orang yang baru kita kenal supaya masalah-masalah yang terjadi tidak merambat menjadi masalah besar yang berdampak buruk terhadap keberlangsungan perusahaan.

Semua kembali lagi kepada anda, apakah anda sudah benar-benar siap terjun ke lembah berduri di dunia bisnis EO?

Selamat merintis bisnis event organizer.

Bisnis Iklan 2010 Tumbuh Positif 15 Persen

Surabaya, (Analisa)

Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) memprediksi bisnis periklanan akan tumbuh antara 12 persen dan 15 persen pada tahun 2010

karena besarnya permintaan pasar saat itu. Ketua Umum PPPI, Harris Thajeb, menjelaskan, selama 2009 ini nilai transaksi periklanan mencapai Rp53 triliun.

"Hal tersebut menguatkan keyakinan kami bahwa kondisi ekonomi 2010 stabil. Untuk itu, estimasi transaksi iklan 2010 akan naik menjadi Rp63 triliun," katanya, dalam Seminar Strategi Periklanan 2010, di Hotel Bumi Surabaya, Kamis (17/12).

Menurut dia, sepanjang 2009 bisnis periklanan memang sempat anjlok karena adanya krisis ekonomi global sehingga banyak perusahaan yang mengurangi anggaran untuk iklan.

"Namun kami tertolong dengan adanya momen pemilu baik pemilu legislatif maupun pilpres. Peningkatan transaksinya mencapai 30 persen," ujarnya.

Mengenai media mendominasi penyerapan iklan, ia mengaku, selama 2009 televisi masih menjadi media penyumbang belanja iklan utama baik oleh kalangan lembaga pemerintah, swasta, maupun perorangan.

"Komposisinya 63 persen belanja iklan terserap di televisi, 31 persen terserap di media cetak utamanya koran, dan sisanya media lain seperti radio, majalah, dan media outdoor," katanya.

Sementara itu, Ketua PPPI Jawa Timur, Mufid Wahyudi, membenarkan, akibat krisis ekonomi global bisnis periklanan selama semester I/2009 turun sampai 20,25 persen dan kembali naik 30 persen selama momen pemilu. "Tahun ini kami perkirakan mencapai Rp54 triliun. Jumlah ini melebihi target yang ditentukan yakni Rp50 triliun," katanya.

Ia menambahkan, dari jumlah itu Jawa Timur menyumbangkan kontribusi sebanyak 30 persen. Di sisi lain, media konvensional yang selama ini menjadi media iklan, kini tergeser oleh media digital yang memanfaatkan internet.

"Ke depan, perkembangan digital media sebagai salah satu media iklan akan sangat pesat. Bahkan, semakin hari tumbuh positif," katanya. (Ant)

Prediksi Komputer dan Media 2010 oleh Hadi Santono

"Tahun 2010 akan ditandai dengan integrasi media, komunikasi dan konten secara digital. Indikasi ini bisa dilihat bahwa media-media konvensional seperti koran dan majalah mengalami penurunan oplah, dan terjadi pertumbuhan luar biasa di media digital seperti Detik.com, Disitu.com, Kompas (KCM), Kaskus, Kapanlagi, dan lain-lain," demikian disampaikan Hadi Santono, ST., MT., selaku Ketua APKOMINDO DIY, dalam Diskusi Akhir Tahun Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SITI) di Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII, 8 Desember 2009.

Pemain besar seperti Yahoo, Google dan Microsoft, Hadi melanjutkan, sudah masuk ke Indonesia dengan serius, khususnya Yahoo. Trend telekomunikasi masuk ke dalam feature phone, transisi dari antara telepon genggam biasa dan smartphone. Blackberry adalah contoh smart phone.

Feature phone banyak tampil dalam bentuk QWERTY phone dengan fitur khusus seperti chat, social network, dll. Feature phone ini akan merepresentasikan pertumbuhan konsumsi konten digital dan aplikasi konektivitas dan interaktvitas melalui messenger dan email. Pertumbuhan adopsi Internet terbesar berada di mobile Internet melebihi PC.

Pertumbuhan netbook juga menjadi sangat luar biasa karena harganya murah dan banyaknya fungsi cloud computing, di mana aplikasi gratis yang tersedia di Internet bertaburan, mulai dari free email account hingga Facebook page.

Perusahaan telekomunikasi dan investor akan masuk ke ranah konvergensi media komunikasi-informasi dan konten ini. TELKOM sudah mencanangkan bahwa mereka masuk ke strategi TIME (telecommunication, media, information dan edutainment).

Bagaimana keadaan perekonomian dan Bisnis Komputer pasca-krisis (ekonomi global) di tahun 2010?

Faktor utama dari krisis adalah kondisi finansial dari industri perbankan yang menghentikan kucuran kredit. Kondisi Indonesia dari sisi finansial cukup baik karena konservatisme dari pelaku industri perbankan sejak krisis finansial 1998 membuat mereka menghindar dari investasi derivatif yang beresiko.

Krisis muncul akibat kondisi geopolitis di mana lembaga finansial luar negeri dan international trade yang berdampak pada kondisi di Indonesia. Hal ini tidaklah berdampak terlalu signifikan karena Indonesia relatif tidak terlampau bergantung kecuali industri B to B. Hal ini sudah kami buktikan dan mulai membangun event B to B di YOGYAKOMTEK 2009. Respon yang di dapat sungguh luar biasa.

Belanja iklan ditentukan oleh konsumsi B to C seperti industri FMCG (fast moving consumer goods), telekomunikasi, perbankan dan rokok. Karena target adalah konsumen yang tetap mengonsumsi kebutuhan sehari-hari, selama tidak terjadi krisis global lagi, maka industri hardware komputer tentu akan mengalami kondisi pertumbuhan positif.

Bagaimana dengan ‘kompetisi’ di tahun 2010?

Tahun 2010 adalah kancah ganas agar pelaku industri hardware mutlak memberikan value added baru, yakni 'digital services' di mana diharapkan memberikan solusi terintegrasi untuk kombinasi media konvensional dan digital. 'Digital is a must to survive'.

Mereka yang tidak memberikan layanan ini akan ditinggalkan oleh klien atau dikomoditisasikan sehingga akan makin ditekan oleh klien. Pemain media online akan bertaburan dan menangguk hasilnya, seperti Detik, Kompas, Kaskus dan Kapanlagi. Perusahaan telekomunikasi yang menghadapi perang harga akan mulai bermain masuk ke mobile advertising. Bermunculan eksperimen dengan berbagai model mobile ad yang dalam waktu 3 tahun akhirnya mulai mengerucut. Konten digital akan bertaburan di tahun 2010, khususnya game dan musik yang makin mudah dan murah karena biaya distribusi digital hampir nol.

Bagaimana strategi yang digunakan di tahun 2010 dalam menghadapi kompetisi yang semakin ketat?

Dengan dicanangkannya 2009 sebagai tahun ekonomi kreatif, apakah ini akan semakin memacu perkembangan industri hardware di tahun 2010? Perubahan ekosistem terjadi ketika perusahaan mampu menciptakan hak kekayaan intelektual seperti masuk ke pemilik hak cipta di dalam industri konten seperti musik, games dan film.
Inovasi-inovasi seperti apa yang akan muncul di tahun 2010?
Mobile advertising akan mengalami banyak eksperimen dan model. Inovasi ini ada yang akan bertahan dan banyak pula yang tidak. Location based service akan mulai diperkenalkan, seperti kita akan mendapatkan penawaran khusus jika berada di lokasi tertentu.

Konten digital akan dibundle dengan biaya berlangganan pita koneksi, yang disebut sebagai Freemium. Seperti gratis tapi bayar. Modelnya serupa berlangganan cable TV. Konten yang ditawarkan adalah musik, games dan banyak lagi. Pengiklan akan masuk ke menawarkan konten premium secara gratis bila kita membeli produk, misalnya membeli barang sebagai tiket untuk nonton, atau mendapatkan musik dan games. Pembayaran micropayment via online akan menjadi mudah dan terpercaya. Semua pemain besar akan masuk ke sini dan mulai bersaing. Perlu waktu 2-3 tahun sehingga terjadi standar industri dan baru pemain besar akan mulai bekerja sama dan terjadi kompatibilitas.

Pesan khusus untuk pelaku bisnis Hardware di Indonesia menghadapi tahun 2010. Siap dengan integrated media, yang mengkombinasikan media digital dan konvensional. Bangun komunitas! Model sukses untuk beriklan digital masih sangat terbuka. Saatnya perusahaan advertising dan brand manager untuk melakukan eksperimen dan belajar bersama. Jadikan kedua belah pihak sebagai partner. Lakukan kesalahan bersama dan belajar dari kesalahan tersebut.

Bagaimana perkembangan industri hardware komputer di Indonesia?

Masuklah ke INDUSTRI INTERNET! Trend ini sudah terlihat sejak 2008 dan 2009. Semua investasi besar sudah dilakukan di tahun 2008 dan 2009. Mereka yang masuk setelah ini akan berat karena berhadapan dengan pemain raksasa, kecuali mereka yang punya inovasi demikian hebat. Jika tidak, maka akan sangat sulit kecuali beraliansi dengan pemain besar.

Jendela waktu 2010 adalah masuk ke konten dan digital advertising (Internet dan mobile). Masih ada waktu buat pemain kecil. Setelah itu semua pemain raksasa akan kembali menyerbu. Pemain besar hanya akan menunggu jika pasar siap, dan pada saat mereka masuk yang dilakukan selalu aliansi strategis dan akusisi.

Bagaimana prospek beriklan dan branding merk untuk Industri Hardware Komputer di Indonesia?

Iklan digital akan bertumbuh pesat karena terukur, jauh di atas media konvensional. Jika sekarang advertising dianggap sebagai cost atau biaya yang sulit diukur, maka dengan digital, akurasi pengukuran akan menjadi sangat terlihat.

Brand awareness diukur dari berapa 'eyeball'. Dalam digital akan diukur dengan istilah CPM (cost per thousand impression), di mana ada berapa banyak yang melihat iklan kita. Ini dilanjutkan dengan CPC (cost per thousand click), yang mengukur seberapa orang yang bereaksi dengan mengklik iklan kita. Setelah itu dengan teknologi mobile, akan muncul CPA (cost per thousand acquisition), di mana mereka yang melihat iklan akan diajak langsung melakukan order.

Masih sangat panjang perjalanan media digital untuk tumbuh dan menjadi matang. Langkah awal menggunakan media digital adalah menciptakan engagement dengan komunitas dan pelanggan, yang akhirnya mengonversi hubungan ini menjadi insight, atau memahami keinginan pelanggan tanpa perlu melakukan biaya riset yang sangat mahal.

*Heru Santono, ST., MT., adalah ketua APKOMINDO DPD DIY dan staf pengajar Program Studi Teknik Industri dan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta, bisa dihubungi di ketua@apkomindo-diy.org