Minggu, 13 September 2009

Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi

Tema :

pemanfaatan sistem informasi.kondisi fasilitas berpengaruh dengan minat sistem informasi.




Pendahuluan


Latar belakang masalah:

kelangsungan hidup perusahaan sangat di tentukan oleh kemampuannya untuk bersaing di pasar. kemampuan bersaing memerlukan strategi yang tepat dan dapat memanfaatkan semua kekutan dan kondisi peluang yang ada serta mengetahui apa kelemahan dan menetralisasi hambatan bisnis yang ada. semua itu dapat dilakukan dengan smanajemen sistem informasi yang tepat dan berkualitas.menurut Rockart (1988) tekhnologi informasi mempunyai peran penting.karena dapat menjadi senjata strategis bagi suatu perusahaan dalam memeperoleh keunggulan bersaing.Pengguna SI dalam organisasi telah meningkat sejak tahun 1980-an, sekitar 50% modal baru digunakan untuk pengembangan SI. sistem informasi diadakan untuk menunjang aktifitas usaha di semua tingkatan organisasi. penggunaan SI mencakup sampai tingkat perasional untuk meningkatkan produk dan produktivitas operasi. Oleh karena itu SI harus dapat diterima dan digunakan oleh seluruh karyawan dalam organisasi sehingga investasi yang besar untuk diimbangi pula dengan produk dan produktivitas yang besar pula hal tersebut menimbulkan pemikiran akan kebutuhan investasi dalam SI. berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka penulis tertarik untuk menulis tentang Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi.




Tujuan Penelitian :

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang memprngaruhi minat pemanfaatan sistem informasi dan pengaruhnya terhadap penggunaan sistem informasi dengan mnguji model yang diajukan oleh Vankatesh et al. (2003).data diperoleh dari individu pemakai sistem informasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa efek Jakarta.sebanyak 83 kuesioner kembali dari hasil penelitian menunjukan bahwa ekspektasi kinerja dan ekspetasi usaha dan faktor sosial berpengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan sistem informasi.kondisi fasilitas berpengaruh dengan minat sistem informasi.

Landasan Teori:

Sistem Informasi

TRA adalah theory of reasoned action (TRA) adalah suatu teori yang berhubungan dengan sikap dan prillaku individu dalam melaksanakan kegiatan. seseorang akan memanfaatkan SI dengan alasan bahwa sistem tersebut akan menghasilkan manfaat bagi dirinya.

Pengaruh Ekspektasi Kinerja terhadap Minat Pemanfaatan Sistem Informasi.

ekspetasi kinerja didefinisikan sebsgai tingkat dimana seseorang individu mnyakini bahwa dengan menggunakan sistem akan membantu dalam meningkatkan kinerjanya. Konsep ini menggambarkan manfaat sistem informasi bagi pemakainya motivasi ekstrinsik.

Pengaruh Ekspetasi Usaha terhadap minat Pemanfaatan Sistem Informasi

Ekspetasi usaha merupakan tingkat kemudahan menggunakan sistem yang akan dapat mengurangi upaya (tenaga dan waktu) individu dalam melakukan pekerjaan. menurut vankatesh et al mnyatakan bahwa onstruk ekspektasi kinerja merupakan prediktor yang kuat dari minat pemanfaatan SI dalam seting sukarela maupun wajib.

Pengaruh faktor sosial terhadap minat pemanfaatan sistem informasi

Faktor sosial diartikan sebagai tingkat dimana seorang indiviu dianggap bahwa orang lain menyakinkan bahwa dirinya di harus menggunakan sistem baru.menurt thomson et al pengaruh sistem dikarenakan rekan kerja,kondisi,pimpinan, yang berada di perusahaan tersebut.

Pengaruh Kondisi yang memfasilitasi pemakai terhadap sistem informasi

kondisi yang memfasilitasi penggunaan SI didefinisikan sebagai faktor_faktor obyektif yang dapat mempermudah melakukan suatu tindakan penelitian THOMPSON et al.menemukan bahwa tidak ada hubungan antara memfasilitasi pemakai dengan sistem informasi.pengruhnya terhadap karyawan mnuerut vankatesh.

Pengaruh minat pemanfaatan sistem informasi terhadap penggunaan sistem informasi

Triandis mngemukakan bahwa perilaku seseorang merupakan ekspresi dan keinginan atau minat seseorang, dimana keinginan tersebut dipengaruhi oleh faktor sosial dan perasaan.Vankatesh mnyatakan bahwa kterkaitan sI dengan penggunanya sangat berpengaruh.

Metode penelitian :

3.1 objek Penelitian
objek penelitian berupa kuesioner yang disebarkan pada responden langsung yaitu para karyawan di BEJ.

3.2 Data Variabel
Independent
X1 ekspetasi kinerja
X2 ekspetasi usaha
X3 faktor sosial
X4 Minat
X5 Kondisi menfasilitasi

dependent
y Sistem informasi

Kesimpulan

Berdasarkan bukti empiris yang diperoleh maka disimpulkan bahwa pengaruh sistem informasi sangat berpengaruh dengan penggunaannya Sistem informasi faktor yang mempengaruhi di atara lainnya sebagai berikut :
  • Pengaruh Ekspektasi Kinerja terhadap Minat Pemanfaatan Sistem Informasi.
  • Pengaruh Ekspetasi Usaha terhadap minat Pemanfaatan Sistem Informasi
  • Pengaruh faktor sosial terhadap minat pemanfaatan sistem informasi
  • Pengaruh Kondisi yang memfasilitasi pemakai terhadap sistem informasi
  • Pengaruh minat pemanfaatan sistem informasi terhadap penggunaan sistem informasi

dianatara ke 5 faktor tersebut berpengaruh namun ada kekurangannya.jadi ke 5 faktor tersebut merupak faktor yang positf untuk pemanfaatan sistem informasi terhadap pengguna sistem informasi.


by. (kelompok)Yusnandar_the_khalifah dan Evria Wijayanti 4ea03 manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar